Selamat Datang Blogkami jangan lupa isi buku tamu,tukeran link dan berikan komentar

Pengalaman PKL

apakah anda pernah pernah Paraktek Kerja Lapangan waktu masih sekolah tentunya ada yag pernah ada yang tidak sebab masing masing sekolah berbeda-beda ada yang harus mengikuti pkl ada yang tidaktapi pengalamanku waktu praktek kerja lapangan di sekolah kehutanan menengah atas samarinda mewajibkan kita harus mengikuti praktek dari kelas satu sampai kelas tiga menginat sekolah kemutanan menengah atas adalah sekolah kejuruan di bidang kehutanan tenunya praktenya di hutan tentunya.. sewaktu masih kelas satu siswa terdiri kelas satu berjumlah 80 orang terdiri dari dua kelas, dan kelas kami praktek di hutan tanaman industri pt. itci di daerah balikpapan perjalansangan melelahkan di tempuh kurang lebih satu hari jalan darat dari kampus sampai lokasi praktek seelah sampai di lokasi begitu panas soalnya areah bekas hph di ubah menjadi areal hati yang baru di bukan jadi lahan terbuka satu kelas di pisah lagi setelah sampai lokasi menjadi dua kelompok kelaompok kami kebetulan jalan lagi sekitar 3-4 jam naik truk. namanya aja hti yang ngaak ada lahan teduh panas minta amapun deh,,,, erus membuah barak atau tenda yang terbuat dari terpal dan besoknya sudang mengikuti kegiatan-kegiatan di perusahanan dibagi kelompok- kelompok kecil untuk mengikuti kegiatan kegiatnaya cukup banyak diantaranya di
persemaian,kegiatan enak gabung ama cewek-cewek yang kerja di persemaian kegiatan nayakpasir , untuk polibec, memaukkan tanah yagn di campur pasir menyiram tanaman pokoknya asik karena ada cewek-ceweknya sambil berinteraksi, kenalan kerja sambil ngobrol, soalnay di sekolah kami tidak ada ceweknya jadi maklum kalau liaht cewek kayak ngeliat emas aja.., kegiatan lainya di lapangan terbuka
pemasangan anjir. ajir itu tiang kecil dari bambu atau kayu tinggi 1-2 m pemasangan berjajar dengan jarak tertentu dari timur, barat atu utara selatan pake kompas, anjir di tanjapkan dai tanah sebagai paokan sebelim penanaman pohon, pokonya capek deh ngankut anjir, dan nanjepin di tanah pokoknya harus lurus yang biasa ngintip atau ngeker pasi cepet deh kerjanya pokonya.
penanaman pohon atau bibit ada yang bagian angkut bibit dari persemaan naik truk tugasnya bongkar muat, dan ada yang anterin sama yang nanam sendir yang nyangkul bikin lobang sendiri harus kerja sama yang baik pokoknya
pokonya kegiatan kegiatan tersebut dilakukan rutin bergantian, dan jam kerja sari pagi jam tujuh siang jam 12 istirah makan jan lanjut sampai jam 4. kurang lebih satu bulan.
pengalaman lain yang mearik yaitu waktu di sungai kecil ada ular sanca sebesar paha, panjang 5 meter kami tangkap berdua disembelih di bersihkan di potong-potong pokonya udah beresih di bawa ke barak teruada temen yang tanya apaan tuh jawab sekenanya dapet moa ( belut) asyikni , iya dan kita goreng aja, perta besar, akhirnya di goreng dan dimakan rame-rame, setelah kesokan harinya bocorlah rahasia temen cerita dapet ular berarti yang kemarin makan apa, ular baru deh hebh semua...yang penting enak kan...enakto...
pernah nagkep monyet waktu sore-sore jalan bertiga anak monyt satu triak-triak di pohon kami tatakut-takutin monyetnya bingung gugup pohonya di gedor-gedor begito monyetnya lompat jatuh ketanah terus kami tangkap, biasa disembelih di kulitin pokoknya uadah bersih deh di potong biar nggak ketauan di bawa ke barak kemp uadah digoreng lagi setealh makan adayangkomenar daging apaan tu jawab aja kancil tadi nombak di hutan oh.. enak juga ya gurih lagi... setelah tiga hari kemudia rupannya temen bawak potongan tangan monyet lagi di jemur udah kering di bersihkan untuk gantungan kunci ,apatu tangan monyet, dari mana yang tempo hari kalian makan itu... wah jadi keau lagi jadi itu bukan daging kancil itu daging monyet,.. iya.... dari pada menu nggak jau dari telor, indomi,sarden,ikan asin , bosen ...heboh lagi..deh..
ngak terasa satu bulan di lalui akhir praktek selesai dan dan kami dihitung seperti pekerja lainya dan di kasih honor setelah dipotong sedikit...akhirnya pulang dapet duit deh sampi disini di lanjut lagi waktu di kelas dua .