Selamat Datang Blogkami jangan lupa isi buku tamu,tukeran link dan berikan komentar

Bikin Antena Yagi 13b2

Cara membuat antenna radio komunikasi jenis yagi atau yagi yang bekerja pada frekuensi 144 Mhz (2 meteran) atau biasa di sebut antenna ngebrik jenis yagi atau pengarah. jika kita membuat sendir antenna yagi crussraf 13 elemen atau 17 elemen yang di kenal dengan 13b2 atau 17b2 yang pertama kita cari adalah
skema atau ukuran antenna yang kedua alat dan bahan yang ketiga pengerjaan haru teliti. Biasanya pembuatan gagal atau kurang maksimal karena pengerjaan kurang teliti atau potongan ukuran ada yang lebih atau kurang walaupun hanya satu millimeter disini saya mencoba mengulas sedikit tentang pembuatan antana 13b2/17b2 bedasarkan skema ukuran standar dan pengalaman saya yaitu:Alat dan bahan
Untuk alat tentunya menyesuaikan sendiri diataranya obeng, tang, gergaji besi atau kater almunium khusus kalau ada, palu yang kepalanya di bungkus karet, biar tidak penyok almunium ,palu biasa dll
Untuk bahan
Utnuk elemen mengunakan alumunium isi yang kecil kurang lebih 0.5 mm atau alumunium 1cm-1,5 cm terserah anda tapi yang pernah saya buat yang 0.5 mm lebih bagus. Untuk boom atau yang besar alumuniun 1.5 inci dan untuk driven menggunalan alumunium diameter kurang lebih 2 cm . untuk T mach atau meching menggunakan system balloon dengan box atau paralon dan bahan balloon kabel rg 8 75 Ohn atau kabel tv.
Skema ukuran
untuk panjang elemen dari belakang atau reflector, terus driven, dan director,
Elemen 1 panjang 101.0 Cm
Elemen 2 panjang 98.7 Cm
Elemen 3 panjang 96.2 Cm
Elemen 4 dan 5 panjang 92.1 Cm
Elemen 6 panjang 90.8 Cm
Elemen 7 panjang 89.5 Cm
Elemen 8 – 13 panjang 88.0 Cm
Dan Jarak Elemen Dari belakang
Dari 1 ke 2 : 39.4 Cm
Dari 2 ke 3 : 22.1 Cm
Dari 3 ke 4 : 22.9 Cm
Dari 4 ke 5 : 8.0 Cm
Dari 5 ke 6: 41.3 Cm
Dari 6 ke 7,7ke8, 8ke9. 9ke10. 10ke11, 11ke12, 12ke13 sama yaitu : 41.3 Cm

Pemotongan Elemen menggunakan gergaji ata kater khusus dan kedua ujung di kikir biar rata dan ukuran setelah dikikir harus tepat misalnya elemen pertama 101.0 tidak boleh lebih atau kurang walaupun hanya 1 mm. baru pemasangan elemen ke boom bisa dengan cara di bor atau menggunakan breket yang sesuai ukuran yang telah anda siapkan, kalau saya menngunakan breket selain pemasangan lebih mudah dan cepat serta mudah di geser-geser.

Pembuatan driven atau T mach
Kalau yang asli berbentuk kotak didalamya menggunakan kabel 75 Ohn kecil sekali senyak 3 botongan dan sebuat capasitor. Yang pernah saya buat mengguankan tabung dari paralon dengan kabel 75 Ohm atau antenna tv dengan 3potongan masing masing 62 Cm. cara membuatnya
Pada ujung kanan (A) di pasang konektor dan ujung kiri dua buah konektor (B) dan (c) caranya dari ake b di a disorder dengan konektor Positip dan degatipnya jangan sampai tergabung di b hanya posotipnya saja , dari b ke c psitipnya saja dan negatipnya di sambungakan danterus dari c ke b sebelum di sambung positip dan negarip di gabung terus di sorder pada negate b dan c . jika di cek menggunakan afometer positip dan negatip tidak nyambung , positi kabel dengan bodi antena nyambung, negate kabel dengan bodi antenna tidak nyambung, setel itu tutup rapat balloon yang kita buat jangan sampai air masuk,kemudia di pasang.

Setelah semua elemen terpasang termasuk driven yang terakhir uji coba tau maching, jika anda membuat lebih dari satu buah antenna sebelumdipasang jumper di macth satu-satu dulu dengan cara tentunnya menggunakan swr meter dan di geset baut mech kana kiri seimbang , usahan mendapat mach lebih kecil jika machnya masih besar coba cek satu persatu dari elemen dan balon. Jika benar biasanya antara 1.1 sampai 1.3 itu yang pernah saya buat.
Setelah itu baru pemasangan jumper. Jika dua buah antenna jemper petama 1.05 Cm dan jemper kedua 99.08 Cm.
Setelah di uji coba di bawah catatan lokasi tebuka di tidak terdapat ganguan besi atau logam yang lanyya sekitan jaran 4-5 meter, tinggi dari tanam lebih dari dua meter kenapa sebab mempengaruhi anda mengatur machir dan pembacaan skala pada swr meter. Jangan lupa kabel koek di damilood dulu, Setelah oke barulah pemasangan di tiang antenna.
Untuk Antena 17b2 ukuran panjang elemen sama hanya di tambkan saja untul elen yang ke 14 -17 jaran antenna dan panjang elemen sama .
Taksiran biaya biaya satu buah antenna yang pernah saya buat tahun 2000 sekitar 500 ribuan. selamat mencoba

3 komentar:

  1. mas tlg gambarnya utk caramenyambungkan ketga kabel yg 75 ohm utk t mach

    BalasHapus
  2. mas tlg gbr.nya utk cara nyambungkan ketiga kabel yg 75 ohm utk membuat T.Mach dari wagino/yd6WGN tks.

    BalasHapus
  3. Mas, tolong donk di cantumkan gambar u/ jarak pemasangan tiap elem nya serta cara pembuatan T-Match nya....

    BalasHapus